10 Godaan Setan di Kamar Mandi

Loading...
Kamar mandi menjadi sebuah fasilitas yang wajib ada di setiap rumah. Hal ini untuk mempermudah manusia saat ingin membuang hajat atau sekedar membersihkan badan.
Biasanya selain melakukan aktivitas “utama”, seringkali ada aktivitas tambahan yang dilakukan. Misalnya sambil bernyanyi atau bermain hp. Terkadang kita menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar. Namun tahukah kamu bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk godaan setan ?
10 Godaan Setan di Kamar Mandi

Sebagaimana kita ketahui bahwa kamar mandi merupakan tempat tinggal setan. Sehingga tanpa disadari saat kita melakukan aktivitas di dalamnya, setan kerap kali menyaksikannya. Lalu mereka akan meluncurkan bujuk rayunya. Untuk lebih jelasnya berikut kami paparkan 10 bentuk godaan setan di kamar mandi.

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW menceritakan mengenai iblis yang meminta kepada Allah SWT agar diberikan tempat tinggal sebagaimana tempat tinggal anak adam di muka bumi.

“Wahai Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal dibumi, maka beri pula lah aku tempat tinggal.” Ucap Iblis. Lalu dikatakan kepadanya, “Tempat tinggalmu adalah kamar mandi atau jamban.” (HR. Bukhari)

Sebagaimana diketahui bahwa salah satu misi setan adalah menjerumuskan umat manusia. Sehingga ketika kita mendatangi kamar mandi tanpa mengucapkan doa ketika masuk ke dalamnya, maka pada saat itulah setan akan berupaya menggoda umat manusia. Namun sayangnya hal ini tidak kita sadari, dan justru menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar.

Berikut ini 10 bentuk godaan setan di kamar mandi yang tanpa disadari sering kita lakukan, yaitu :

1. Bernyanyi atau berkata-kata
Seringkali ketika berada di kamar mandi muncul dorongan untuk bernyanyi atau sekedar berkata-kata. Terlebih bagi mereka yang memiliki hobi bernyanyi, kamar mandi menjadi salah satu tempat penyaluran hobinya tersebut. Namun sesungguhnya perbuatan inni merupakan salah satu godaan setan. Bahkan para ulama sepakat bahwa kegiatan ini hukumnya makhruh dan lebih baik tidak dilakukan.

2. Berlama-lama di kamar mandi
Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang membutuhkan waktu yang cukup lama saat berada di kamar mandi. Biasanya hal ini terjadi pada kaum hawa. Padahal para ulama menyarankan agar kita tidak berlama-lama di kamar mandi. Sebab kamar mandi tempat membuang kotoran dan dihuni oleh setan. Sehingga sudah seharusnya ketika akan memasuki kamar mandi kita berdoa terlebih dahulu.

Baca Juga :  Pernikahan yang Diancam Rasulullah SAW

3. Bermain air atau melakukan sesuatu yang lain
Salah satu hal yang menyebabkan seseorang berlama-lama dikamar mandi adalah melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat misalnya bermain-main air atau sambil bermain hp. Hal ini sejatinya merupakan salah satu bentuk godaan setan yang tanpa disadari sering kita lakukan.

loading...

4. Melalaikan manusia dari membaca doa masuk kamar mandi
Seorang muslim sangat dianjurkan untuk membaca doa sebelum ia masuk kamar mandi. Hal ini dimaksudkan agar ia terhindar dari godaan setan dan ketika melakukan aktivitas dikamar mandi setan tidak akan bisa melihatnya. Namun sayangnya, hal ini sangat jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan. Padahal hal ini merupakan salah satu godaan setan untuk melalaikan manusia.

5. Membiarkan baju kotor tergantung di kamar mandi
Bentuk godaan setan lainnya adalah membuat kita lupa dengan baju kotor yang tergantung dikamar mandi sehingga kita membiarkannya hingga beberapa saat. Padahal selain merupakan bentuk godaan setan, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan. Sebab baju kotor merupakan tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat mengganggu kesehatan.

6. Membisiki seseorang agar kencing berdiri
seiring perkembangan zaman, bentuk urinoir terutama bagi kaum pria di desain dengan posisi berdiri. Padahal hal ini sangat dilarang di dalam Islam. Sebab seorang muslim dianjurkan untuk buang air kecil dalam posisi jongkok.

7. Mencoret-coret dinding kamar mandi
Hal ini seringkali kita temui di dinding kamar mandi umum. Entah apa yang ada di dalam pikiran orang tersebut, sehingga ia mencoret-coret dinding kamar mandi dengan coretan yang tidak berguna. Tentunya hal ini menyebabkan kamar mandi menjadi terlihat kotor. Sehingga tidak sedikit orang yang merasa risih dan enggan untuk menggunakan kamar mandi tersebut.

Baca Juga :  Ingin Dapat Pahala Tanpa Batas ? Lakukan Hal ini

8. Berwudhu tanpa berpakaian
Wudhu merupakan suatu aktifitas untuk menyucikan diri. Namun berwudhu tanpa menggunakan pakaian sehelai benang pun merupakan sesuatu yang sangat tidak dianjurkan. Namun ada cukup banyak orang yang sehabis mandi tanpa menggunakan handuk kemudian berwudhu. Padahal Allah SWT menyukai hamba-Nya yang menutup aurat.

9. Melakukan perbuatan asusila
Bentuk godaan setan lainnya adalah membisiki seseorang untuk melakukan perbuatan asusila dikamar mandi. Dengan segala bujuk rayunya, setan akan menggoda manusia untuk berbuat yang tidak pantas dikamar mandi. Oleh sebab itulah kita harus bisa membentengi diri dari melakukan hal-hal yang tidak pantas untuk dilakukan.

10. Merencanakan kejahatan
Tidak sedikit orang yang menyatakan bahwa ketika berada di kamar mandi, mereka seakan-akan mendapatkan ide yang cemerlang. Padahal hal ini merupakan salah satu bentuk godaan setan. Sesungguhnya setan telah menjerumuskannya dengan ide tersebut. Sehingga ketika ia sedang membutuhkan ide, ia akan berlama-lama di kamar mandi dengan alasan mencari ide.

Demikianlah ulasan mengenai 10 godaan setan di kamar mandi. Tentu salah satu diantaranya pernah kita lakukan. Sehingga dengan mengetahui hal ini, kebiasaan tersebut bisa kita hindari. Selain itu, biasakanlah untuk membaca doa sebelum masuk kamar mandi agar kita terhindar dari godaan setan. Kemudian jangan lupa, saat masuk ke kamar mandi dahulukanlah kaki kiri dan dahulukan kaki kanan saat hendak keluar. Semoga bermanfaat.