10 Manfaat tidur telanjang bagi tubuh

Rata-rata dari kita suka tidur dengan pakaian lengkap. Tidur tanpa menggunakan pakaian terasa sangat aneh dan pastinya akan kedinginan. Tapi, pernahkah kamu untuk mencoba tidur telanjang? Tidur telanjang alias bugil ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, loh! Dikutip dari Pojoksatu.id, tidur telanjang memiliki setidaknya 9 manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya dibawah ini:

tidur-telanjang

loading...

1. Tidur lebih nyenyak
Manfaat tidur telanjang atau tanpa mengenakan busana salah satunya adalah kamu akan merasa tidur lebih nyenyak dan lebih mudah. Hal ini karena tidur telanjang akan membuat kamu lebih mudah mencapai suhu badan ideal yang dibutuhkan tubuh untuk tidur, yakni sekitar 19 hingga 21 derajat celsius.

2. Membantu pelepasan hormon penting tubuh
Selain membantu kamu untuk lebih cepat mengantuk, suhu tubuh ideal dari tidur telanjang ini bisa membantu tubuh kamu lebih mudah melepas hormon-hormon penting dalam tubuh. Seperti halnya hormon pertumbuhan atau HGH dan melatonin. Hormon ini baru bisa bekerja maksimal ketika kamu tertidur pulas. Hormon HGH akan membantu pertumbuhan tinggi badan kamu sedangkan hormon melantonin akan membantu peremajaan tubuh

3. Melancarkan peredaran darah
Dengan tidur telanjang, maka aliran darah kamu tidak akan tersendat akibat mengenakan pakaian yang bisa menimbulkan bekas kemerahan (ruam) pada kulit karena adanya tekanan dari karet bra atau celana dalam yang kamu gunakan.

4. Membantu metabolisme tubuh
Suhu tubuh yang ideal saat kamu tertidur akan membantu melancarkan perputaran siklus metabolisme tubuh. Hal ini dibahas dalam hasil studi Dr Francesco S. Celi yang dipublikasikan di Journal Diabetes.

5. Menyehatkan kulit
Saat kamu tidur tanpa mengenakan pakaian, maka akan membantu kulit kamu lebih mudah bernafas. Hal ini akan membuat kulit kamu lebih sehat.

6. Terapi depresi/stress
Tidur telanjang dapat menjadi salah satu cara terapi untuk mengatasi depresi atau stress yang kamu alami selama seharian penuh, karena tidur telanjang akan membuat kamu lebih rileks.

7. Membantu produksi sperma
Tidur telanjang akan membantu memproduksi sperma lebih baik, karena saat tak mengenakan pakaian, suhu tubuh kamu akan berada di tingkat ideal. Ini berpengaruh pada suhu skrotum dan testis, karena untuk menghasilkan sperma yang baik, suhu skrotum dan testis perlu berada dalam kisaran suhu optimal, yaitu 35 hingga 35,5 derajar Celsius, atau sedikit lebih dingin dari suhu tubuh normal.

8. Bangun lebih segar
Tidur telanjang akan membuat sirkulasi udara yang masuk ke tubuh menjadi lebih baik, sehingga panas tubuh dapat terdistribusi dengan baik. Hal ini akan membuat tubuh kamu akan lebih segar saat bangun di pagi hari.

9. Menambah gairah seks
Bagi pasangan suami istri (pasutri), tidur telanjang akan berdampak baik, karena pasutri akan bisa merasakan kontak kulit secara langsung yang bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin. Hormon oksitosin ini dapat mempengaruhi suasana hati dan membuat pasutri akan merasa bergairah dalam melakukan hubungan seks.