4 Minuman Untuk Penghuni Neraka Berdasarkan Alquran

Loading...
Neraka menjadi satu-satunya tempat kembali yang tidak diinginkan di akhirat kelak. Bahkan orang yang semasa hidupnya selalu berbuat jahat pun tidak ingin menjadi penghuni neraka. Sebab di dalam neraka hanya ada siksaan dan azab yang mengerikan serta menyakitkan.
Tentunya hal ini berbanding terbalik dengan surga yang menjadi harapan semua manusia, terutama bagi mereka yang beriman. Bila penghuni surga mendapatkan segala kenikmatan, maka penghuni neraka mendapatkan segala keburukan. Termasuk minuman yang akan mereka minum.
4 Minuman Untuk Penghuni Neraka Berdasarkan Alquran

Dalam Alquran telah disebutkan beberapa minuman bagi para penghuni neraka. Tidak seperti minuman pada umumnya yang menghilangkan dahaga. Minuman ini justru memberikan efek mengerikan bagi peminumnya. Lantas seperti apakah minuman bagi para penghuni neraka tersebut ? Berikut ulasan selengkapnya.

Neraka merupakan tempat kembali bagi orang-orang yang semasa hidupnya melalaikan kewajibannya kepada Allah SWT, orang-orang yang selalu berbuat kerusakan dan kejahatan. Kelak di dalam neraka mereka akan menerima balasan dari setiap perbuatannya semasa di dunia berupa siksaan dan azab yang pedih.

Tidak ada seorangpun yang akan terbebas dari siksaan tersebut kecuali Allah SWT telah mengampuni dosa-dosanya. Bahkan ketika mereka meminta keringanan Allah Ta’ala tidak akan mengurangi siksaan-Nya. Seperti halnya ketika mereka meminta minuman, maka Dia akan memberikannya namun bukan minuman seperti di dunia melainkan minuman yang akan memberikan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Sebagaimana terdapat dalam Alquran, Allah SWT telah menyebutkan empat macam minuman bagi para penghuni neraka. Diantaranya adalah :

1. Hamim yaitu air yang panas mendidih dengan api neraka.
Kelak di neraka para penghuninya akan diberi minuman berupa hamim, yang jika mereka minum akan memotong-motong ususnya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam beberapa surah diantaranya,

“Dan diberi minum dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya,” (Qs. Muhammad:15)

“Mereka berkeliling di antaranya dan di antara (hamimin) air panas yang memuncak panasnya,” (Qs. Ar-Rahman:44).

Baca Juga :  PENYEBAB dan CARA MENGATASI MIMISAN - MENGOBATI MIMISAN

“Diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas.” (Qs. Al-Ghasyiyah:5)

2. Ghislin dan Ghassaq yaitu cairan yang keluar dari kulit penduduk neraka.
Terkait hal ini ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan kedua kata itu adalah cairan busuk yang keluar dari bagian-bagian rahasia tubuh wanita dewasa dan daging atau kulit orang kafir yang membusuk.

loading...

Sementara Al-Qurthubi menyatakan bahwa ghislin adalah jus yang diminum para penghuni neraka. Dan Allah SWT berfirman bahwa ghislin merupakan salah satu dari sekian banyak azab bagi penduduk neraka (Yaqazah Uli al-I’tibar, hal. 86). Sedangkan Ghassaq selain sebagai minuman, juga merupakan sejenis makanan yang harus dimakan oleh penghuni neraka.

3. Shadid yaitu nanah yang keluar dari daging dan kulit orang-orang kafir.
Jika mereka meminumnya, maka mereka hampir tidak bisa menelannya lalu datanglah bahaya maut kepadanya namun mereka tidak juga mati sementara masih ada azab yang berat dihadapannya. Sebagaimana firman Allah SWT bahwa,

“Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah; Diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak juga mati, dan dihadapannya masih ada azab yang berat.” (Qs. Ibrahim:16-17)

Kemudian disebutkan dari Jabir bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapas saja yang meminum minuman yang mengandung alkohol maka akan minum lumpur khabal.” Lalu para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apa lumpur khabal itu ?” Maka beliau menjawab, “Keringat para penduduk neraka atau nanah yang dikeluarkan oleh para penghuni neraka.” (HR. Muslim)

4. Mahl yaitu air minyak panas mendidih atau seperti besi yang dipanaskan
Selain mendapat minuman dari air yang panas mendidih dengan api neraka, para penghuninya juga akan diberikan air seperti minyak mendidih atau seperti besi yang dipanaskan. Jika mereka meminumnya maka akan menghanguskan mukanya dan inilah minuman yang paling buruk. Sebagaimana firman Allah SWT bahwa,

Baca Juga :  Hanya Ini Makanan Manusia Saat Dajjal Muncul

“Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek,” (Qs. Al-Kahfi:29)

Dari Abu Said al-Khudri disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ia seperti minyak yang mendidih, yang apabila didekatkan kepada wajah seseorang, maka kulit wajahnya akan meleleh ke dalamnya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Demikianlah ulasan mengenai empat minuman untuk para penghuni neraka yang telah dipersiapkan Allah SWT. Sebagaimana dikatakan dalam surah Shad ayat 57 bahwa “Inilah azab neraka, biarlah mereka merasakannya; (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin.”

Semoga dengan mengetahui hal ini bisa menambah keimanan terhadap Allah SWT kita terhindar menjadi salah satu dari golongan para penghuni neraka. Amin. Semoga bermanfaat.