6 Penyakit Akibat Terlalu Sering Duduk

Loading...

dudukDuduk merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan manusia. terutama bagi mereka yang harus bekerja selam 8 jam di depan komputer. Meskipun nyaman, namun ternyata orang yang dalam sehari menghabiskan 11 jam waktunya untuk duduk berpotensi meninggal dalam tiga tahun!

Seperti yang dilansir Times Of India, duduk terlalu lama ternyata juga menyebabkan banyak risiko terkena penyakit. berikut ini 5 penyakit yang bisa muncul akibat terlalu lama duduk:

1. Masalah tubuh bagian bawah

Saat duduk, tubuh bagian bawah kita akan menopang seluruh berat badan, hal ini dapat berakibat serangan osteoporosis dini. Posisi kaki yang salah juga dapat menyebabkan pergelangan kaki bengkak, varises dan DVT atau deep vein thrombosis yang lebih berbahaya.

2. Penyakit kronis

Seseorang yang duduk lebih dari 4 jam sehari terbukti lebih rentan terhadap serangan penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan kanker. Hal ini sangat membahayakan banyak orang, terutama mereka yang selama bekerja menghabiskan waktu lebih banyak duduk ketimbang melakukan kegiatan seperti berjalan.

loading...

3. Penyakit ginjal

Bagi Anda yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam untuk duduk akan berisiko terkena penyakit ginjal kronis, terutama bagi kamu wanita. Orang yang harus bekerja dengan duduk selama 8 jam diwajibkan sering mengonsumsi air putih.

4. Obesitas

Saat Anda lebih sering menghabiskan waktu Anda untuk duduk, maka Anda bisa terkena Sindrom metabolik dewasa yang menyebabkan orang mengalami obesitas. Inilah kenapa Anda bisa menemukan banyak sekali karyawan senior di Amerika bertubuh gemuk.

Bila hal ini dikombinasikan dengan rendahnya tingkat kolesterol baik, tekanan darah tinggi atau hiperglikemia, maka Anda akan berpotensi mengalami kondisi serius seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes.

5. Merusak kesehatan mental

Selain fisik, terlalu sering duduk juga dapat merusak kesehatan mental. Hal ini di karenakan selain duduk di depan komputer selama 8 jam, banyak diantara kita yang kembali duduk di luar jam kantor seperti berdiam di depan TV, menonton film di laptop. Kondisi ini dapat merusak kesehatan mental, terutama pada wanita.