7 Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Tubuh Manusia Secara Bersamaan

Loading...
Sambil menyelam minum air, merupakan sebuah pepatah yang tidak asing ditelinga kita. Pepatah ini bermakna mengerjakan dua, tiga pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Namun benarkah hal tersebut bisa dilakukan ?
7 Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Tubuh Manusia Secara Bersamaan

Sebenarnya memang ada hal-hal yang bisa dilakukan secara bersamaan, misalnya menari sambil bernyanyi, merokok sambil menyetir mobil, tertawa sambil menangis dan lain sebagainya. Akan tetapi tahukah kamu bahwa ternyata tubuh kita tidak didesain untuk melakukan banyak hal secara bersamaan ? Pasalnya tubuh manusia memiliki sistem buka tutup.

Berikut 7 hal yang tidak bisa dilakukan tubuh manusia secara bersamaan :

loading...

1. Mata kita tidak bisa melihat ke kiri sambil melihat ke kanan
Hal ini dikarenakan gerakan motorik mata diciptakan selaras, sehingga kita tidak akan pernah tahu mata sebelah mana yang memimpin pergerakan, apakah yang kanan atau yang kiri ?

2. Kita tidak bisa berbicara, menelan makanan atau minuman sambil bernafas
Hal ini dikarenakan saluran yang digunakan untuk berbicara, makan, minum dan bernafas adalah satu. Sehingga ketika kita menelan, maka hal itu akan menutup klep udara yang mengarah ke paru-paru. Bahkan sistem seperti ini juga terdapat di beberapa bagian dalam tubuh kita.

3. Otak manusia tidak mampu melakukan dua pekerjaan sekaligus
Contohnya kita tidak dapat berfikir atau melamun sambil mendengar atau melihat atau merasa. Hal ini dikarenakan ketika otak sedang berproses, maka semua input atau masukan dari panca indera akan tertutup. Memang kita tetap masih bisa melihat atau mendengar, namun hal ini hanya sebatas kerja sensor bukanlah sebuah proses utuh.

Baca Juga :  Beginilah Dahsyatnya Proses Sakaratul Maut

Misalnya ketika sedang melamun, apa yang kita lihat dan dengar ketika itu tidak akan diproses oleh otak. Pasalnya telinga bergetar dikarenakan adanya bunyi, akan tetapi bunyi ini hanya sampai di sensor telinga.

4. Kita tidak bisa bersin sambil membuka mata
Hal ini dikarenakan ketika sedang bersin, maka diafragma dada sedang berkontraksi dengan daya yang sangat besar. Sehingga jika saat kontraksi tersebut kamu membuka mata, maka besar kemungkinan mata akan keluar dari tempatnya. Berani untuk mencobanya ? Oh iya satu hal lagi, ketika bersin sebenarnya jantung kita berhenti berdetak, namun hal ini hanya berlangsung selama beberapa detik saja.

5. Kita tidak bisa berbicara sambil mendengar
Mungkin saat ini anda akan mulai berkata bahwa hal tersebut bisa dilakukan. Namun sejatinya hal tersebut tidak bisa dilakukan secara bersamaan, tapi bisa dilakukan secara bergantian. Mungkin kamu pernah melihat orang yang sedang berdebat, ketika mereka saling berbicara satu sama lainnya, hanya sedikit ucapan lawan bicara yang bisa mereka dengar, selebihnya hanya suara sendiri yang terdengar ditelinganya.

Hal ini dikarenakan otak manusia akan menutup saluran input (pendengaran) ketika kita mengeluarkan output (berbicara). Oleh sebab itulah Tuhan menyuruh kita agar berkomunikasi yang baik, sedikit be bicara dan banyak mendengar.

Baca Juga :  9 Penyebab Susah Mendapatkan Pacar

6. Kita tidak bisa mendengar dua bunyi sekaligus
Ketika kita sedang mendengarkan sebuah lagu, mungkin suara yang paling akan terdengar adalah suara penyanyinya dibandingkan suara instrumen musiknya.

Hal ini dikarenakan otak kita sebenarnya memiliki saluran input buka tutup. Sehingga ketika kita memasukkan satu jenis data, maka otak akan menagan jenis data lain agar tidak masuk. Bisa dikatakan bahwa otak kita bekerja satu arah, namun bisa menjadi dua arah bagi orang-orang yang membiasakan berlatih untuk itu.

7. Kita tidak bisa buang air besar sambil buang air kecil
Sejatinya hal ini tidak bisa dilakukan secara bersamaan, melainkan secara bergantian. Hal ini sekali lagi dikarenakan sistem saluran kita diciptakan buka tutup. Meskin saluran untuk kedua organ ini berbeda, namun tetap mempengaruhi bukaan masing-masing salurannya