7 Perbuatan yang Pelakunya Dilaknat Allah dan Malaikat-Nya

Loading...
Sejatinya manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Pasalnya manusia memiliki akal dan pikiran yang membuatnya mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.  Akan tetapi ada banyak manusia yang terlena dengan tipu daya setan, sehingga lupa bahwa ia telah melakukan sesuatu hal yang buruk.
Bukan hanya sekedar buruk, perbuatan tersebut bahkan menyebabkan orang yang melakukannya mendapatkan laknat dari Allah SWT dan para malaikat-Nya. Tentunya hal ini termasuk perbuatan maksiat yang statusnya dosa besar.
7 Perbuatan yang Pelakunya Dilaknat Allah dan Malaikat-Nya

Oleh sebab itu kita harus berhati-hati dalam bersikap dan bertindak agar tidak termasuk dalam kelompok orang yang dilaknat Allah SWT dan para malaikat. Lantas, apa sajakah perbuatan yang dimaksud ?

1. Melaknat orang kafir
Dalam surah Ali Imran ayat 86-88 Allah SWT berfirman bahwa, “Bagaimana Allah akan menunjuki suatu kaum yang kafir sesudah mereka beriman, serta mereka telah mengakui bahwa Rasul itu (Muhammad) benar-benar Rasul, dan keterangan – keteranganpun telah datang kepada mereka? Allah tidak menunjuki orang-orang yang zalim. Mereka itu balasannya adalah bahwasannya laknat Allah ditimpakan kepada mereka (demikian pula) laknat para malaikat dan manusia seluruhnya mereka kekal di dalamnya, tidak diringankan siksa dari mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh.”
Kemudian dalam surah Al-Baqarah ayat 161 bahwa, “Sesungguhnya orang-orang kafir dan mereka mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat laknat Allah, para malaikat dan manusia seluruhnya.”

loading...

2. Menghalang-halangi perkara syari’at
Islam memiliki aturan yang harus ditaati dan dipatuhi oleh umatnya. Salah satunya adalah hukum qishash yang berarti pembalasan hukuman yang setimpal. Semisalnya hutang nyawa dibayar nyawa.

Sehingga seseorang yang membunuh, akan dibunuh pula sebagaimana perbuatannya. Dalam hal ini, Allah SWT dan para malaikatnya akan melaknat orang yang menghalang-halangi dilaksanakannya hukum Allah dalam membunuh si pembunuh secara sengaja dikarenakan kekuasaan dan harta yang dimilikinya.

Sebagaimana diriwayatkan dalam kitab sunan an-Nasa’i, Abu Daud dan Ibnu Majah diriwayatkan dengan sanad yang shahih, dari ibnu abbas r.a bahwa Rasulullah SAW. Bersabda, “Barangsiapa membunuh secara sengaja maka dihukum dengan pidana qishas, barangsiapa yang menghalang-halangi antara dia dengan air (yang membunuh dengan terbunuh) maka ia mendapat laknat Allah SWT, Para malaikat dan seluruh manusia,” (HR. Nasa’i, Abu Daud, dan Ibnu Majah)

Baca Juga :  Ternyata Ka'bah Pernah Terendam Banjir

3. Melindungi orang yang mengada-ada ajaran agama
Seseorang atau orang-orang yang melindungi mereka yang mengada-ada ajaran agama Allah SWT sehingga keluar dari hukum-hukum-Nya dan memusuhi apa yang telah disyari’atkan Allah SWT termasuk dalam kelompok orang-orang yang dilaknat Allah SWT dan malaikat dan perbuatan tersebut merupakan sebuah dosa yang sangat besar.

4. Mencaci maki sahabat Rasulullah SAW
Perbuatan lainnya yang juga menyebabkan pelakunya mendapatkan laknat dari Allah SWT dan malaikat-Nya adalah mencaci maki sahabat Rasulullah SAW. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mencaci maki dan mengumpat sahabat-sahabatku, maka ia mendapatkan laknat Allah SWT, para Malaikat dan seluruh manusia”.

5. Menolak ajakan suami
Seorang wanita yang telah menjadi seorang istri memiliki kewajiban untuk tunduk dan patuh kepada suaminya. Sehingga apabila seorang istri menolak dan tidak memenuhi ajakan suaminya, maka perbuatannya tersebut dapat menyebabkannya mendapatkan laknat dari para malaikat. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat dari Imam Bukhari bahwasanya, “Jika seorang istri meninggalkan tempat tidur suaminya, maka ia dilaknat oleh para Malaikat hingga ia kembali.”

6. Keluar rumah tanpa izin dari suami
Selain wajib memenuhi ajakan suami, seorang istri wajib meminta izin kepada suaminya atas setiap hal yang akan dilakukannya, termasuk bila ingin keluar rumah. Sebab apabila seorang istri keluar rumah tanpa izin dari suaminya, maka perbuatannya ini menyebabkan ia mendapatkan laknat dari para malaikat.

Sebagaimana disebutkan bahwa, “Sesungguhnya hak suami terhadap istrinya yaitu jika suami menghendaki dirinya, sekalipun dia berada di atas kendaraan, ia tidak mencegah dirinya untuk datang, dan hak suami atas istrinya yaitu, istrinya tidak boleh puasa sunnah tanpa izin suaminya, jika terus melakukannya, ia hanya mendapatkan lapar dan haus dan tidak diterima puasa yang dilakukannya itu, dan tidak boleh keluar rumah tanpa izinnya, jika ia terus keluar, maka malaikat langit dan malaikat rahmat serta malaikat adzab akan mengutuknya sampai ia pulang.”

Baca Juga :  Misteri Burung Gagak, Pembawa Tanda Kematian ?

7. Mengacungkan besi kepada saudaranya
Seringkali dalam bergurau seseorang mengacungkan suatu benda yang dapat melukai saudaranya. Padahal sesungguhnya perbuatan ini sangat dilarang di dalam Islam. Pasalnya selain dapat menimbulkan rasa takut pada diri saudaranya, terkadang setan akan menyesatkannya sehingga ia pun betul-betul melukai saudaranya tersebut. Terlebih lagi apabila benda tersebut merupakan senjata tajam yang modern dan bisa terlepas hanya dengan satu kesalahan kecil yang tidak disengaja.

Sebagaimana diriwayatkan bahwa, “Barangsiapa yang mengacungkan besi kepada suadaranya, maka para malaikat melaknatnya. Sekali pun saudranya itu saudara sebapak dna seibu (sekandung).” (HR. Muslim)

Demikianlah ulasan mengenai 7 perbuatan yang menyebabkan pelakunya dilaknat oleh Allah SWT dan para malaikat. Semoga dengan mengetahui hal ini kita bisa lebih berhati-hati dalam bertindak, sehingga tidak termasuk dalam kategori orang-orang yang dilaknat Allah SWT. Dan semoga kita semua selalu dilindungi dari hal-hal yang tidak baik yang mungkin akan menjerumuskan kita. Amin ya rabbal alamin