Awas, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Kanker Prostat

Loading...
Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum pria adalah kanker prostat. Pada umumnya, kanker prostat tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar.
Pada tahap awal, biasanya kanker prostat tidak akan menimbulkan gejala apa pun. Gejala akan muncul jika prostat terlalu besar atau membengkak dan mulai memenuhi uretra. Apabila hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi erektil dan lainnya.
Awas, 5 Makanan Ini Dapat Memicu Kanker Prostat

Meski penyebabnya belum diketahui, namun ada beberapa makanan yang dapat memicu munculnya kanker prostat. Pasalnya kandungan dalam makanan ini dapat meningkatkan resiko kanker prostat pada kaum pria. Apa saja makanan tersebut ?

1. Daging merah dan aneka olahannya
Jika terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan aneka olahannya, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, ditemukan bahwa sekitar 12% pria yang mengonsumsi daging merah dan 33% mengonsumsi daging olahan cenderung terjangkit kanker prostat.

2. Daging non-organik
Daging non-organik seperti daging sapi, ayam, kambing dan sebagainya memang cukup banyak diminati oleh kebanyakan orang. Sebab harga daging non-organik lebih murah dibandingkan dengan daging organik.

Baca Juga :  Hanya Ini Makanan Manusia Saat Dajjal Muncul
loading...

Namun, tahukah kamu bahwa daging non-organik bila dikonsumsi terlalu sering dapat meningkatkan potensi kanker prostat pada pria ? Pasalnya daging non organik dalam pertumbuhannya diberikan obat hormon, antibiotik dan bahkan steroid agar memiliki daging atau otot yang besar. Hal inilah yang menyebabkan daging non-organik tidak sehat untuk dikonsumsi secara terus menerus.

3. Susu pabrikan
American Cancer Society, sebuah organisai kanker di Amerika menemukan bukti bahwa produk susu yang beredar di Amerika memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Mereka beranggapakan bahwa kandungan kalsium yang terlalu tinggi ini dapat meningkatkan potensi kanker prostat pada pria. Selain itu, bukan hanya kalsium namun susu pabrikan juga mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi.

4. Produk berbahan tomat
Produk olahan berbahan tomat yang dikalengkan ternyata dapat meningkatkan resiko tumbuhnya kanker prostat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lycopen, resin kaleng bisphenol-A (BPA), estrogen sintetis yang tinggi. Sehingga menyebabkan tingkat keasaman tomat semakin tinggi. Selain itu, BPA merupakan salah satu senyawa yang menjadi pemicu kanker prostat.

5. Popcorn dari microwave
Popcorn merupakan salah satu camilan yang yang cukup disukai kebanyakan orang. Namun ternyata camilan ringan ini cukup berbahaya bagi kesehatan. Sebagaimana yang dilaporkan bahwa popcorn yang diolah menggunakan microwave memiliki kandungan kimia asam perfluorooctanioc (PFOA) yang dapat mengakibatkan ketidaksuburan.

Baca Juga :  PENYEBAB dan CARA MENGATASI MIMISAN - MENGOBATI MIMISAN

Hal ini telah dibuktikan dengan dilakukannya percobaan terhadap beberapa hewan. Dan ditemukan bahwa selain ketidaksuburan, akumulasi kandungan PFOA juga meningkatkan resiko kanker prostat.

Demikianlah ulasan mengenai 5 makanan yang dapat memicu munculnya kanker prostat. Dengan mengetahui hal ini, semoga kita bisa lebih berhati-hati terhadap makanan yang dikonsumsi. Dan satu hal yang perlu diingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi suatu makanan. Semoga bermanfaat.