Disinilah Tempat Dajjal Terbunuh

Loading...

Diantara salah satu rukun iman yang wajib diyakini oleh umat Islam adalah hari Kiamat. Namun sebelum hal itu terjadi, Rasulullah SAW telah mengabarkan beberapa tanda kedatangan hari akhir tersebut. Salah satunya adalah kemunculan dajjal di akhir zaman.

Makhluk yang digambarkan bermata satu ini memiliki sifat yang jahat. Selain itu diantara kedua matanya terdapat tulisan “kafir”. Dan tanda ini bisa dipahami oleh setiap umat Islam, baik ia yang bisa membaca maupun yang buta huruf.

Disinilah Tempat Dajjal Terbunuh

Kelak dajjal akan berperan sebagai pembawa fitnah terbesar bagi umat manusia. Ia akan menimbulkan berbagai kerusakan di muka bumi. Salah satunya memerangi umat muslim yang beriman. Namun dalam peperangan tersebut, dajjal akan tewas terhunus tombak. Lantas dimanakah tempat terjadinya peristiwa tersebut ? Berikut ulasannya.

Selain bermata satu, dajjal digambarkan memiliki ciri-ciri fisik yaitu postur tubuhnya gemuk, matanya buta sebelah, matanya seperti buah anggur yang masah dan memiliki kulitnya kemerah-merahan dan terdapat tulisan “kafir” diantara kedua matanya.

Sebagaimana disebutkan dari Abdullah Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ketika saya sedang tidur, saya bermimpi melakukan tawaf di Kaabah, lalu ada seorang berambut lebat yang meneteskan air dari kepalanya, lalu aku tanyakan siapakah ini, mereka menjawab, ”Ibnu Maryam as”, kemudian aku berpaling dan melihat seorang laki-laki yang gemuk, berkulit merah, berambut keriting, matanya buta sebelah, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak (tak bersinar). Mereka mengatakan, ”Ini Dajjal”. Dia adalah orang yang paling mirip dengan Ibnu Qathn, seorang laki-laki dari Khuza’ah.” (HR al-Bukhari, dan Muslim)

Baca Juga :  Hidayah Menghampiri Pemuda Ini Sebelum Ajal Menjemput

Kemudian dari Anas Ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ” Dajjal itu matanya terhapus (buta), tertulis di antara kedua matanya kafir, kemudian beliau mengejanya, kafir yang boleh dibaca oleh setiap orang muslim dan di antara kedua matanya terdapat tulisan “kafir”.”(HR Muslim)

loading...

Pada masa akhir kekuasaannya pasukan dajjal akan menyerang pasukan Imam Mahdi yang ketika itu berada dalam kondisi yang lemah. Hal ini dikarenakan mereka terus-terusan berperang melawan dajjal, namun selalu mendapatkan kekalahan. Pasalnya kemanapun dajjal pergi, ia bisa mengalahkan umat muslim.

Akan tetapi Allah SWT kemudian mengutus Nabi Isa AS dalam peristiwa tersebut. Dan beliau-lah yang kelak akan membunuh dajjal. Sebagaimana yang telah diriwayatkan mengenai peristiwa tersebut.

Dalam hadits Nawwas bin Sam’an bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ketika Allah telah mengutus al-Masih Ibnu Maryam, maka turunlah ia di menara putih di sebelah timur Damsyik dengan mengenakan dua buah pakaian yang dicelup dengan waras dan zafaran, dan kedua telapak tangannya diletakkannya di sayap dua Malaikat, bila ia menundukkan kepala maka menurunlah rambutnya, dan jika diangkatnya kelihatan landai seperti mutiara. Maka tidak ada orang kafir pun yang mencium nafasnya kecuali pasti meninggal dunia, padahal nafasnya itu sejauh mata memandang. Lalu Isa mencari Dajjal hingga menjumpainya di pintu Lud, lantas dibunuhnya Dajjal hingga menjumpainya di pintu Lud, lantas dibunuhnya Dajjal. Kemudian Isa datang kepada suatu kaum yang telah dilindungi Allah dari Dajjal, lalu Isa mengusap wajah mereka dan memberi tahu mereka tentang darjat mereka di syurga.” (Shahih Muslim, Kita Al-Fitan wa Asyrathis Sa’ah, Bab Dzikr Ad-Dajjal 18:67-68)

Baca Juga :  10 Cara Trik Menghipnotis Orang dengan Mudah

Dari riwayat hadits ini diketahui bahwa kelak Nabi Isa AS akan menjumpai dan membunuh dajjal di gerbang Lud. Selain hadits diatas, ada beberapa riwayat hadits lainnya yang juga memperkuat hal ini. Diantaranya :

Dari Mujami bin Jariyah al-Anshari RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Isa bin Maryam akan membunuh Dajal di Bab Lud(gerbang Lud).” (HR Ahmad, Turmudzi, dan Nu’aim bin Hamad).

“Sesungguhnya Isa Bin Maryam Akan Membunuh Dajjal Di Bab Lud (gerbang Lud).” (Hr Ahmad, Turmudzi, Dan Nu’Aim Bin Hamad).

Dengan demikian, dimanakah letak gerbang Lud tersebut ? Dalam hal ini Dr Syauqi Abu Khalil berpendapat dalam Athlas Hadith al-Nabawi, gerbang lud tersebut berada di dekat Baitul Maqdis, Palestina berada dekat dengan Ramalah.