Ini Alasan Mengapa Dianjurkan Konsumsi Pisang di Malam Hari

Loading...

Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang ? Tentunya semua orang pernah mencicipi setidaknya satu jenis buah pisang. Ya buah pisang memang ada banyak jenisnya, ada pisang batu, pisang ambon, pisang nangka, pisang barangan, pisang raja dan lainnya.

Ini Alasan Mengapa Dianjurkan Konsumsi Pisang di Malam Hari

Pisang mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh sangat itulah sangat dianjurkan bagi kita untuk mengkonsumsi buah manis yang satu ini. Bahkan para ahli menyarankan agar kita mengkonsumsi pisang dimalam hari. Sebab ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Apa sajakah itu ?

1. Berfungsi sebagai pengganti gula
Seringkali kita merasa ingin mengkonsumsi makanan yang manis-manis, terutama setelah makan. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula sangat tidak baik bagi kesehatan. Tapi tidak ada salahnya mengganti makan yang manis-manis tersebut dengan pisang, sebab pisang selain bercita rasa manis, kita juga akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan.

2. Meningkatkan serat
Serat sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga sistem pencernaan, kesehatan jantung dan mengurangi resiko diabetes. Dengan mengkonsumsi pisang pada malam hari, maka dapat memenuhi kebutuhan dosis serat yang dianjurkan untuk tubuh.

Baca Juga :  Ternyata Vagina Bisa Diputihkan Juga Lho ?
loading...

3. Meningkatkan asupan kalium
Kalium merupakan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Rata-rata orang dewasa membutuhkan kalium harian sekitar 4700 mg agar tubuh tetap sehat. Salah satu cara untuk memenuhi asupan kalium pada tubuh adalah dengan mengkonsumsi minimal satu buah pisang setiap harinya. Bukan hanya itu saja, dengan mengkonsumsi satu buah pisang di malam hari juga dapat memenuhi kebutuhan magnesium.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Selain ketiga manfaat yang telah disebutkan, mengkonsumsi pisang dimalam hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Hal ini dikarenakan pisang mengandung suatu senyawa yang disebut tryptophan yaitu sejenis asam amino yang dapat meningkatkan produksi melatonin. Hormon melatonin inilah yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Sehingga sangat bagus bagi para penderita insomnia.

5. Mengurangi kram otot
Bagi kamu yang sering mengalami kram otot terutama di malam hari, maka pisang merupakan salah satu alternatif untuk menghilangkan keluhan tersebut. Seperti yang telah disebutkan bahwa pisang mengandung kalium dan magnesium, sehingga dengan mengkonsumsinya di malam hari maka dapat meningkatkan jumlah elektrolit di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab utama kram otot adalah terjadinya ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Baca Juga :  Video Memijat Payudara Untuk Mengencangkan Dan Mengatasi Resiko Kanker

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan bila mengkonsumsi pisang. Sangat banyak bukan manfaatnya ? Itulah alasan mengapa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang di malam hari. Semoga bermanfaat.