Kenali Malaikat Mikail, Sang Pengatur Rezeki

Loading...

Setiap manusia memiliki rezeki masing-masing. Bahkan bayi di dalam kandungan pun memiliki rezeki tersendiri. Hal ini telah diatur oleh Allah SWT jauh sebelum manusia dilahirkan.

Dalam mengatur rezeki, Allah SWT dibantu oleh seorang malaikat yaitu malaikat Mikail. Ia merupakan salah satu diantara empat malaikat yang menjadi pembesar seluruh malaikat.

Kenali Malaikat Mikail, Sang Pengatur Rezeki

Tidak hanya mengatur rezeki bagi manusia, malaikat Mikail juga mengatur rezeki bagi semua makhluk yang ada di muka bumi. Selain itu ia juga bertugas menurunkan hujan. Malaikat Mikail merupakan sosok yang unik dan istimewa serta berbeda dengan para malaikat lainnya. Lantas seperti apakah sosok malaikat Mikail ini ? Berikut ulasan selengkapnya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa malaikat Mikail diciptakan Allah SWT setelah malaikat Israfil dengan jarak 500 tahun lamanya. Ia digambarkan sebagai sosok yang mengenakan jubah berwarna hijau jamrud dan memenuhi bentangan langit. Dari kepala hingga kedua telapak kakinya berbulu za’faran. Jika seluruh air yang ada dilautan dan sungai di bumi ini disiramkan diatas kepalanya, maka tidak akan ada setetes pun yang akan jatuh dari kepalanya.

Seluruh anggota tubuhnya terbuat dari cahaya, dan istimewanya ada sejuta wajah diatas setiap bulu-bulu yang dimilikinya. Dimana setiap wajah memiliki sejuta mata dan setiap mata senantiasa menangis memohon rahmat bagi orang-orang mukmin yang berdosa.

Selain memiliki sejuta mata, setiap wajah juga memiliki sejuta mulut dan setiap mulut memliliki sejuta lidah dan menguasai sejuta macam bahasa serta setiap lisan selalu membaca istighfar bagi orang-orang mukmin yang berdosa.

Baca Juga :  Amalan Penghindar dari Kematian yang Buruk
loading...

Kemudian dari setiap mata yang ada senantiasa meneteskan air mata sejumlah tujuh ribu tetesan. Lalu dari tiap-tiap tetesan air mata tersebut, Allah SWT menciptakan malaikat sejenis yang serupa dengan bentuk malaikat Mikail. Mereka bernama Karubiyun. Para malaikat ini bertugas membaca tasbih hingga hari kiamat datang. Selain bertasbih, para malaikat ini juga bertugas membantu malaikat Jibril menurunkan hujan, menjaga buah-buahan, tumbuh-tumbuhan dan mengatur rezeki kepada makhluk-makhluk Allah SWT.

Sebuah riwayat menerangkan bahwa demi menjaga kelangsungan hidup makhluk yang ada di dalam laut, buah-buahan di pohon serta tumbuh-tumbuhan diatas bumi, maka Allah SWT pun mengutus seorang malaikat untuk menjaganya. Dengan demikian, satu butir buah akan selalu dijaga oleh seorang malaikat.

Dalam riwayat Imam Ahmad dari Anas bin Malik diceritakan bahwa ketika Rasulullah SAW melakukan Isra’ Mi;raj ke langit, beliau pun bertanya kepada Malaikat Jibril, “Mengapa aku tidak pernah melihat malaikat Mikail tertawa ?” maka malaikat Jibril pun menjawab, “Malaikat Mikail tidak pernah tertawa semenjak neraka diciptakan.”

Dalam menjalankan tugasnya, malaikat Jibril sering didampingi oleh malaikat Mikail. Dan diantara tugas yang pernah mereka lakukan bersama adalah,

Baca Juga :  10 Godaan Setan di Kamar Mandi

1. Saat malaikat Jibril ditugaskan untuk membelah dada Rasulullah SAW untuk dicuci hatinya karena akan diisi dengan keimanan, keyakinan dan sifat hilim, malaikat Mikail-lah yang bertugas mengambil air al-Kautsar atau air zam-zam untuk digunakan sebagai pencuci hati Rasulullah SAW.

2. Dalam perjalanan Isra’ Mi’raj nya, Rasulullah SAW di dampingi oleh malaikat Jibril dan malaikat Israfil.

3. Selain sebagai pengatur rezeki dan mengatur turunnya hujan, malaikat Mikail menjadi utusan Allah SWT untuk menyampaikan lembaran kepada malaikat maut. Dimana dalam lembaran-lembaran tersebut tertulis dengan detail nama-nama, tempat dan sebab pencabutan nyawa bagi orang yang akan dituju.

Demikianlah ulasan mengenai sosok malaikat Mikail. Sosok makhluk ciptaan Allah SWT yang istimewa dan memiliki tugas yang berat. Semoga bermanfaat.