Misteri Burung Gagak, Pembawa Tanda Kematian ?

Loading...
Bila dilihat dari bentuknya, burung gagak merupakan jenis burung yang sangat jelek bila dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang beranggapan bahwa kehadiran burung gagak sebagai pertanda sial.
Misteri Burung Gagak, Pembawa Tanda Kematian

Bahkan kemunculannya pun kerap dihubungkan dengan kematian atau sebagai tanda akan datangnya berita kematian. Konon katanya jika burung gagak berputar diatas rumah, maka akan ada penghuni rumah yang akan segera meninggal.

Cukup banyak orang yang mempercayai hal ini. Sehingga ketika mendengar suara atau melihat burung gagak, mereka meyakini bahwa akan ada seseorang yang meninggal. Lantas benarkah burung gagak adalah pembawa tanda kematian ? Berikut ulasannya.

loading...

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, apabila ada seseorang yang sakit lalu kemudian terdengar suara burung gagak, maka hal tersebut merupakan pertanda bahwa orang yang sakit tersebut akan segera menemui ajalnya. Mereka beranggapan bahwa seseorang yang akan menemui ajalnya akan mengeluarkan bau yang khas menyerupai bau mayat. Hal inilah yang menyebabkan burung gagak seakan “mendatangi” calon jenazah tersebut.

Baca Juga :  Inilah Sedekah Para Sahabat Nabi

Pasalnya burung gagak merupakan jenis burung yang sangat suka dengan bangkai. Jika melihat bangkai maka mereka akan beramai-ramai mendatangi bangkai tersebut. Disebutkan pula bahwa burung gagak memiliki insting dan penciuman yang sanagt peka bahkan mencapai radius ribuan kilometer. Sehingga ketika sekerumunan gagak datang pada sebuah perkampungan, hal itu menjadi tanda bahwa akan ada makhluk yang akan menjadi bangkai di tempat tersebut.

Akan tetapi dalam beberapa literatur disebutkan bahwa burung gagak bukanlah pembawa sial apalagi kematian. Namun burung gagak adalah burung yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi (sebab ia menguburkan sesamanya jika rekannya mati, mengenali wajah dan memiliki ingatan yang tajam, setia pada pasangan dan kelompoknya) serta merupakan burung yang disebutkan di dalam Al-qur’an (memberi petunjuk kepada Qabil bagaimana cara menguburkan mayat saudaranya).

Sebagaimana diceritakan dalam Al-qur’an pada surah Al-Ma’idah ayat 31 bahwa, “Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayit saudaranya. Berkata Qabil: “Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayit saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang di antara orang-orang yang menyesal.”

Baca Juga :  Rasulullah SAW Mengajarkan 10 Jurus Kebal untuk Hati

Demikianlah ulasan mengenai misteri burung gagak, si pembawa tanda kematian. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua.