Pahala Berlimpah Bagi Para Wanita di Bulan Ramadhan

Loading...
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Setiap wanita memiliki hari ‘libur’ dalam menjalankan ibadah wajib. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa menghalanginya untuk mendapatkan pahala yang berlimpah terutama di bulan Ramadhan. 
Pasalnya di bulan Ramadhan ada beberapa amalan yang lebih cenderung dilakukan oleh wanita dibandingkan oleh laki-laki. Sehingga sekalipun terlarang untuk melakukan ibadah wajib, para wanita tetap bisa mendapatkan pahala yang berlimpah dari amalan-amalan yang dilakukannya. 

Pahala Berlimpah Bagi Para Wanita di Bulan Ramadhan

Terdapat 5 amalan sederhana yang bisa dilakukan para wanita untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Bukan hanya sederhana bahkan amalan-amalan ini merupakan hal yang biasa dilakukan para wanita. Lantas apa saja kebaikan Ramadhan yang bisa diraih oleh para wanita ?
1. Menyiapkan hidangan berbuka puasa
Amalan sederhana yang bisa dilakukan para wanita untuk meraih pahala yang berimpah dari Allah SWT adalah dengan menyiapkan hidangan berbuka puasa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa, 
“Siapa yang menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, baginya pahala seumpama pahala bagi orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya (orang yang berpuasa itu).” (HR Al-Baihaqi & Ibn Khuzaimah)
Oleh sebab itu, coba bayangkan seberapa banyak jumlah anggota keluarga dirumah, maka sebanyak itu pula-lah pahala puasa yang bisa kita dapatkan. Sehingga meski seorang wanita berhalangan untuk menunaikan ibadah puasa, namun ia tetap bisa memperoleh pahala  yang berlimpah dari Allah SWT jika turut menyediakan hidangan berbuka puasa.
Dengan demikian bukan hanya akan mendapatkan pahala dari makanan yang ia sediakan bagi keluarganya, namun para wanita juga bisa mendapatkan pahala dari sedekah yang ia lakukan jika turut memberikan makan orang-orang yang tidak mampu atau orang-orang yang berbuka di masjid. 

2. Mengajak dan menyiapkan sahur
Amalan selanjutnya yang bisa dilakukan para wanita untuk meraih pahala berlimpah di bulan Ramadhan adalah dengan menyiapkan sahur bagi keluarganya. Sahur sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa. Sebagaimana sabdanya 
“Bersahurlah kamu semua, sesungguhnya dalam sahur itu ada barakah.” (HR Al-Bukhari & Muslim)
Sehingga dengan mengajak orang untuk sahur, seorang wanita bisa memperoleh pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Hal ini dikarenakan menyeru seseorang untuk sahur merupakan salah satu perbuatan yang menyeru pada kebenaran dan kebaikan. 
Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa ketika kita menyeru pada kebaikan, maka kita akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukan kebaikan tersebut.
3. Membantu suami beri’tikaf di masjid pada 10 malam terakhir ramadhan
Ketika suami atau anggota keluarga laki-laki dirumah akan melaksanakn i’tikaf di masjid pada 10 hari terakhir Ramadhan, kebanyakan wanita akan memilih untuk tetap dirumah untuk menyediakan keperluan anggota keluarga lainnya termasuk keperluan sahur dan berbuka.
Sehingga meski tidak ikut serta melaksanakan i’tikaf, para wanita tetap berkesempatan meraih pahala yang berlimpah. Pasalnya seorang wanita atau istri yang membantu suaminya untuk menyiapkan keperluannya selama beri’tikaf dan selalu siap sedia menjaga keluarga di rumah, para wanita akan memperoleh pahala yang besar atas kesiagaannya tersebut.
Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa, “Siapa yang mempersiapkan seorang pejuang, maka sesungguhnya dia telah berjuang. Dan siapa yang menjaga dengan baik ahli keluarga seseorang yang pergi berjuang, maka sesungguhnya dia juga telah berjuang” (HR Bukhari dan Muslim)
4. Memperbanyak sedekah 
Selain dengan beberapa hal diatas, para wanita juga bisa meraih pahala berlimpah dengan memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan. Pasalnya sedekah yang paling baik adalah sedekah yang dilakukan di bulan Ramadhan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda bahwa, 
“Sesungguhnya sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi)

5.Menjawab adzan
Meskipun tidak selamanya wanita bisa melaksanakan shalat, namun ia tetap berkesempatan untuk mendapatkan pahala. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mendengar dan menjawab adzan. Bukan hanya itu saja, ia juga bisa mengucapkan doa di waktu yang mustajab ini. 
Dalam sebuah riwayat disebutkan dari Jabir bin Abdullah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, 
“Barangsiapa yang mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa, ‘Ya Allah ya Rann, pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, karuniakanlah kepada Rasulullah SAW wasilah dan keutamaan dan tempatkanlah ia di tempat terpuji yang telah Engkau janjikan, ‘Akan mendapatkan syafaatku kelak pada hari kiamat.'”  (HR. Bukhari)
Demikianlah uraian mengenai cara para wanita untuk mendapatkan pahala berlimpah dari Allah SWT di bulan Ramadhan. Sehingga meski memiliki hari ‘libur’ dari ibadah wajib, namun para wanita tetap bisa mendapatkan pahala yang berlimpah dari amalan-amalan yang dilakukannya di bulan Ramadhan. Semoga dengan mengetahui hal ini dapat menjadi penyemangat kita sebagai kaum wanita untuk tetap melakukan amalan-amalan shaleh meskipun sedang ‘libur’. Semoga bermanfaat. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});