PENYEBAB RAMBUT RONTOK, NIH SOLUSINYA

Loading...

tips cara perawatan rambut rontok terutama mengatasi kerontokan rambut melalui gaya hidup sehat sebagai berikut seperti dilansir female kompas.

 Rambut Rontok

Tips Perawatan Rambut Rontok ada beberapa cara seperti :

loading...
I. Mengelola stres yang dialami, menghindari tindakan yang over/berlebihan terhadap rambut. Aturlah penurunan berat badan secara bertahap.
II. Melakukan gaya hidup yang sehat yaitu dengan waktu istirahat yang cukup, makan sesuai konsep gizi lengkap dan berimbang. Terdapat beberapa zat gizi yang penting untuk mencegah kerontokan yakni vitamin A, B, C, tembaga, zat besi, zinc, protein dan air.
a. Vitamin A: 
Vitamin A cara kerjanya adalah dengan cara merangsang pertumbuhan dan kesehatan sel rambut serta kulit kepala. Beberapa bahan makanan sumber vitamin A berupa sayur maupun buah yang berwarna merah-oranye dan hijau tua, minyak ikan, hati, telur, dan susu yang sudah difortifikasi dengan vitamin A.
b. Vitamin B6, B12, asam folat, dan biotin, 
Vitamin ini bekerja dengan mencukupi kebutuhan oksigen dan zat gizi pada rambut sehingga rambut akan tumbuh maksimal, juga membuat kulit kepala memiliki kadar minyak yang cukup, sehingga tidak mudah terjadi kelainan pada kulit kepala.
Apa saja bahan bahan makanan sumber vitamin B6 dan B12? Ini bisa didpaat pada daging ayam, ikan, hati, ginjal, kedelai, kacang, biji-bijian, dan lain-lain.   Sumber asam folat antaranya adalah sayuran, alpukat, bit, atau brokoli. Dan sumber biotin berupa telur, hati, roti beragi, sereal, dan lain-lain.
c. Vitamin C, 
Vitamn C itu penting untuk memproduksi kolagen yang memberikan struktur pada rambut. Sumber vitamin C banyak pada sayur dan buah, lada, dan lain-lain.
d. Mineral tembaga,
MIneral tembaga important untuk mempertahankan kecukupan nutrisi melalui pembuluh darah pada akar rambut. Bahan makanan yang kaya akan mineral tembaga antara lain  hati, seafood, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Zat besi adalah pembawa oksigen dalam darah, termasuk dalam pembuluh darah akar rambut. Beberapa Bahan makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, bayam, kacang merah, dan lain-lain.
f. Zinc,
Zinc berfungsi untuk mempertahankan produksi minyak dari folikel rambut. Awas, kekurangan zinc sering dihubungkan dengan ketombe dan kerontokan rambut. Bberapa sumber zinc banyak pada seafood, telur, susu, daging, dan lain-lain.
g. Protein
Protein diperlukan untuk pertumbuhan rambut normal. Kandunga protein banyak dijumpai pada daging, unggas, ikan, telur, susu, kedelai, keju, dan lain-lain.
h. Air,
Air sangat penting untuk mencukupi kebutuhan sel akan cairan, dan juga berperan sebagai pengangkut zat-zat gizi yang diperlukan dalam proses pertumbuhan rambut.
Dengan mengonsumsi aneka nutrisi sehat di atas dan melakukan pola hidup sehat yang seimbang diharapkan dapat mencegah rambut rontok. Salam sehat selalu untuk agan uniknih semuanya
Sumber: female.kompas

Leave a Reply