Presiden Negara Ini Perintahkan Rakyatnya Bekerja Sambil Telanjang

Loading...

SECARA tidak sengaja, entah untuk maksud bercanda atau lainnya, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menyuruh rakyatnya untuk bekerja tanpa mengenakan busana alias sambil telanjang.

Repotnya, guyonan sang presiden ini langsung mendapat respon. Rakyat di sana membalas perintahnya itu dengan benar-benar bertelanjang saat bekerja. Apa sebenarnya yang terjadi?

Presiden Belarusia adalah dikatator?

Presiden Alexander Lukashenko telah memerintah Belarusia selama 22 tahun ini. Dia telah memenjarakan banyak lawan dan aktivis yang dianggap subversif. Dia terkenal keras dalam mengontrol negara, khususnya dalam hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi.

Bisa dibilang, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko ini jenis diktator terakhir Eropa pada saat ini. Pekan lalu, dalam sebuah pidatonya, Lukashenko menyarankan rakyatnya untuk berinovasi. Mencari jalan keluar dari masalah ekonomi di negera Eropa Timur itu. “Kita harus telanjang dan bekerja,” kata Lukashenko di Minsk, Belarusia.

Rakyat salah tanggap soal pernyataan Presiden

loading...

Menurut berita dari kantor berita Rusia, RT, maksud ungkapan dari Lukashenko ini adalah meminta rakyatnya untuk mengembangkan diri dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Sialnya, beberapa rakyat di sana lebih suka menerjemahkannya secara harfiah saja.

Mereka kemudian memposting foto-foto saat bekerja sambil telanjang, menggunakan hastag #getnakedandwork di Twitter dan Instagram. “Pemimpin kita menyuruh, maka kita harus melaksanakan,” tulis salah seorang pengunggah foto kerja telanjang.

Bentuk protes rakyat yang sudah kesal

Ini memang merupakan protes dari rakyat Belarusia yang sudah kesal dengan gaya kepemimpinan pemerintahan di negaranya. Lukashenko sudah seringkali mendapat protes keras dari para aktivis kemanusiaan.

Selama 22 tahun pemerintahannya dia bukan hanya memenjarakan banyak oposisi, tetapi wartawan yang ‘banyak tingkah’ juga dia sikat bersih. “Kata-kata yang Saya ucapkan adalah hukum yang harus Anda patuhi,” ucap Lukashenko minggu lalu dalam pidato yang sama.

Well, Presiden Belarusia ini mungkin harus lebih berhati-hati menggunakan frasa saat pidato pada kesempatan berikutnya. Siapa juga rakyat yang berani menolak perintah pemimpin yang dikenal bengis. Bahkan bila pun harus bekerja sambil telanjang, rakyat juga siap lakukan. Bagaimana dengan kamu, Gressider?