Tarif Biaya Pembuatan SIM, STNK, dan BPKB Tahun 2017

Loading...

Bagi para pecinta otomotif yang taat terhadap peraturan pemerintah terkait pajak kendaraan bermotor, tentu saja akan bertanya-tanya berapa sih tarif biaya pembuatan SIM, STNK, dan BPKB? Nah, berhubungan dengan peraturan pemerintah terkait pajak kendaraan bermotor ini, sebelumnya perlu untuk diketahui dan dipahami terlebih dahulu bahwa pemerintah memang mewajibkan dan mengharuskan setiap warganya untuk memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi). Tarif biaya pembuatan SIM sebenarnya tidak mahal, Kewajiban memiliki SIM yang ditujukan bagi setiap warga negara Indonesia oleh pemerintah tersebut memang punya alasan kuat. Sebab, sebagai Negara yang berdiri di atas hukum konstitusional, SIM ini digunakan sebagai bukti bahwa mereka layak mengendarai kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Namun, pada kenyatannya tak hanya itu saja. Pemerintah pun diketahui juga menuntut setiap kendaraan harus dilengkapi dengan STNK dan BPKB yang digunakan sebagai bukti kepemilikan yang sah terhadap kendaraan tersebut. Pastinya, setiap warga Negara yang taat pada hukum dan peraturan pemerintah, tentu akan sadar diri untuk menjalankan kebijakan yang telah dibentuk atau dibuat oleh pemerintah tersebut. Nah, dari hal tersebut tentu Anda bertanya-tanya berapa sih tarif biaya pembuatan STNK dan BPKB ini.

loading...

Kenaikan tarif pengurusan adiministrasi kendaraan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016. Peraturan tersebut mencantumkan tentang macam dan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yg berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (RI).

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan ada dua tarif layanan oleh kementerian/lembaga mulai naik di 2017 seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan.

Berikut ini rincian perubahan tarif pengurusan administrasi kendaraan:

Baca Juga : 5 AKSI TILANG POLISI MENGGUNAKNA ALASAN KONYOL