Trik Upload Video YouTube Terhindar Dari Hak Cipta

Loading...

Ketika Anda meng-upload video ke YouTube , layanan Sistem Content ID secara otomatis akan mendeteksi jika didalamnya Anda telah menggunakan musik yang dilindungi hak cipta . Maka yang akan terjadi video Anda akan diblokir dan tidak akan terlihat di beberapa Negara , dan jika Anda memonetisasi video tersebut (menjalankan iklan) maka program tersebut akan menentangnya .

Free lagu youtube

YouTube memilik fitur yang memungkinkan pengunggah menggunakan musik yang berhak cipta . Anda dapat menggunakan fitur Perpustakaan Audio , dan kini Anda dapat melihat bahwa video Anda dapat dilihat di seluruh dunia dan iklan dapat muncul di video Anda – tetapi kemungkinan Anda tidak akan dapat memonetisasi video Anda melalui iklan sendiri .

Bagi pencipta konten YouTube ini pasti akan membuat Anda lebih mudah. Namun Ini tidak akan memecahkan masalah di YouTube sebagai pelnaggar hak cipta karena sebagian besar pengunggah hanya mampu menggunakan lagu yang diberikan untuk menambahkannya di video Anda tetapi ini merupakan sebuah langkah yang besar untuk kemajuan Anda di YouTube karena Anda dapat dengan mudah membuat video yang disinkronisasikan dengan musik.

YouTube juga menawarkan pilihan lagu bebas royalti untuk uploaders yang ingin memonetisasi video mereka .

loading...
Masalah hak cipta saat Anda upload video di Youtube terkadang memang sangat menyebalkan. Anda mungkin sudah pernah mengalami masalah seperti ini, video yang Anda upload mendapatkan klaim adanya konten pihak ketiga yang menyebabkan video Anda tidak bisa dimonetisasi. Tetapi, percayalah bahwa ini adalah kebijakan adil oleh Youtube yang bersifat melindungi.
Tetapi, Anda tidak perlu khawatir untuk masalah seperti ini, ada beberapa cara agar Anda bebas klaim masalah hak cipta :
1. Buatlah video original
Ini adalah cara yang paling sportif untuk mengupload video di Youtube, yaitu membuat video original. Pihak youtube sangat menyarankan agar video yang Anda upload adalah video original untuk menghindari klaim konten video pihak ketiga. Anda bisa membuat video original dengan merekam kejadian lucu orang-orang disekitar Anda atau membuat rekaman lagu sendiri. Yeah, memang ini membutuhkan dua kali kerja, tetapi Anda akan terhindar dari beberapa klaim yang tidak menyenangkan.
2. Mengedit video menggunakan software
Anda juga bisa menggunakan bantuan software untuk membuat atau mengedit video. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan software sebagai editor video :
  • Anda bisa menambahkan klip video
  • Anda bisa memperpendek atau memperpanjang video
  • Anda bisa memotong dan mengkombinasi video-video menjadi satu
  • Anda bisa menambahkan efek baru pada video
  • Anda bisa mengubah suara video
  • Anda bisa memperlambat atau mempercepat video
  • Anda bisa menambahkan musik

Adapun software yang bisa membantu Anda seperti Movie Maker, Cyberlink, Virtual DJ, FL Studio, Adobe Premier, dan lain-lain. Tetapi, Anda harus memiliki keahlian untuk mengoperasikan software-software ini. Jika Anda belum bisa, Anda bisa belajar dari tutorial yang disediakan di internet atau belajar kepada teman Anda.

Catatan :
Jika Anda menggunakan software editor video, pastikan Anda mengedit atau mengubah suara dan klip video. Misalnya jangan menggabung klip video dengan lagu yang berhak cipta, Anda bisa mengubah efek suara pada lagu tersebut atau menambah efek DJ lalu menggabungkan pada klip video. Youtube memiliki system detektor yang sangat canggih, ia bisa mendeteksi konten pihak ketiga hanya dari suara dan klip video yang Anda upload.
3. Mengedit video online di Youtube
Anda juga bisa membuat dan mengedit video secara online di Youtube. Model editor video yang disediakan Youtube hampir sama dengan Movie Maker, silahkan Anda mengunjungi Editor Video Youtube.