Yuk Ketahui Level Surga yang Cocok Untuk Anda

Loading...
Siapa yang tidak ingin masuk surga ? Tentunya semua orang mendambakan menjadi penghuni surga. Sehingga bisa menikmati segala kenikmatan dan keistimewaan yang telah dipersiapkan Allah SWT bagi setiap hamba-Nya yang beriman.
Yuk Ketahui Level Surga yang Cocok Untuk Anda

Namun surga manakah yang ingin Anda tempati kelak ? Pasalnya surga memiliki beberapa tingkatan atau level. Dimana setiap levelnya disesuaikan dengan amalan yang dikerjakan semasa hidup di dunia. Sehingga semakin tinggi level, maka semakin sempurna pula lah amal ibadah yang harus dilakukan.

Penasaran apa saja level-level surga tersebut ? Kira-kira level yang mana ya yang cocok untuk Anda? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Surga biasa
Level surga ini merupakan level yang paling rendah dibandingkan level-level surga lainnya. Namun bukan berarti surga ini memiliki banyak kekurangan. Sebagaimana kita ketahui bahwa Allah SWT menggambarkan surga sebagai sebuah tempat yang dipenuhi dengan segala kenikmatan dan keindahan di dalamnya, segala sesuatunya diciptakan Allah SWT dengan sempurna yang ditawarkan hanya bagi setiap hamba yang beriman dan beramal shaleh.

Meskipun berada di level yang paling rendah, surga ini juga dipenuhi dengan segala yang indah-indah. Lantas siapa sajakah penghuni surga ini ? Mereka adalah orang-orang yang melaksanakan ibadah yang hanya dwajibkan saja tanpa sedikitpun menambah maupun menguranginya.

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Abu Huraira bahwasanya, “Seorang Arab Badui datang menemui Rasulullah SAW dan berkata, “ Tunjukkan kepadaku amalan yang bila aku kerjakan, maka aku akan masuk surga.” Maka beliau bersabda, “ Beribadahlah kepada Allah SWT dan jangan menyekutukan-Nya dengan sesuatu, dirikanlah shalat yang wajib, tunaikan zakat yang wajib dan berpuasalah di bulan Ramadhan.” Orang Arab Badui itu berkata, “ Demi Allah yang jiwaku di Tangan-Nya, aku tidak menambahkan sedikit pun dan tidak mengurangi.” Ketika orang tersebut pergi, maka Rasulullah SAW pun bersabda, “Barangsiapa yang ingin melihat salah seorang penghuni surga, maka lihatlah orang ini.” (Muttafaq’alaih)

Baca Juga :  Taman Wisata di Jakarta ini Jadi Tempat Mesum
loading...

2. Surga seluas langit dan bumi
Level surga berikutnya adalah seluas langit dan bumi. Surga digambarkan Allah SWT memiliki luas seluas langit dan bumi. Sebagaimana firman-Nya dalam surah Ali Imran ayat 133 bahwa, “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah SWTmenyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah SWT, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah SWT? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.”

3. Taman surga
Dalam surah Adzariat ayat 15-20, Allah SWT menjelaskan bahwa orang-orang yang bertakwa berada di taman-taman surga sambil menerima segalam pemberian dari Allah SWT. Mereka adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, semasa di dunia mereka sedikit tidurnya di malam hari, selalu memohon ampunan dipagi hari, dan banyak bersedekah.

Baca Juga :  Akibat Memperkosa Sapi, ABG ini Akhirnya Dinikahkan Dengan Sapi

4. Tetangga Rasulullah SAW
Kemudian level surga berikutnya adalah menjadi tetangga Rasulullah SAW. Lantas siapaka orang yang beruntung tersebut ? Yaitu orang yang mencintai anak yatim, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini dan ini (beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya ).” (HR. Bukhari, Abu Daud dan Turmudzi)

5. Bersama Rasulullah SAW
Inilah level yang paling tinggi dibandingkan seluruh level surga yang telah disebutkan. Tentunya kita sangat mendambakan kenikmatan yang sangat agung ini. Namun untuk mendapatkannya bukanlah perkara yang mudah, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dalam hal ini.

Lantas, apakah amalan yang bisa mengantarkan kita mencapai level surga yang istimewa ini ? Ternyata amalan yang dimaksud adalah cinta dengan sunna Rasulullah SAW. Sebab barangsiapa yang mencintai sesuatu, tentu ia akan mengutamakannya terlebih dahulu. Begitu pula lah dengan orang yang mencintai Rasulullah SAW, tentu ia akan mengutamakannya terlebih dahulu.

Salah satu bukti atau tanda orang yang mencintai Rasulullah SAW adalah dengan meneladani, mengamalkan sunnahnya, mengikuti perbuatannya, melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya serta tidak menghujat sunnahnya.

Baca Juga :  5 Hal yang Sebaiknya Jangan Dipostingkan di Facebook

Demikianlah level-level surga yang patut kita ketahui, kira-kira Anda berada di level surga yang mana ? Level tertinggikah atau level yang terendah ? Atau jangan-jangan belum masuk kategori level yang mana pun ? Yuk mari berbenah diri agar kita termasuk salah satu penghuni surga level yang tertinggi.